Minggu, 23 November 2008

SQL... bagian pertama

Aku nulis....Kita belajar bareng masalah SQL (Structured Query Language),... apaan query itu. Yang pasti bukan onde-onde adem.... [wakakakakak], begini... pada dasarnya adalah bahasa komputer standart yang di tetapkan untuk mengakses, dan memanipulasi database. Sebuah database berisi satu tabel atau lebih, dan memiliki nama yang berbeda untuk setiap tabelnya..... ngerti khan..? ngaku. Masing-masing tabel memilik satu kolom (field), atau lebih, dan memiliki baris (record) SQL terdiri dari 5 bagian utama. Kayak sholat aja.. ada lima waktu, oh..ya udah sholat khan...?... jangan lupa sholat... eh ini bagian dari SQL.
Retrieving data : perintah untuk menampilkan data dari database (SELECT)
Data Definition language (DDL) : bahasa yang digunakan untuk membuat atau menghapus tabel, pada database itu sendiri (CREATE, DROP, ALTER)
Data manipulation language (DML) : merupakan bahasa untuk memanipulasi, mengubah isi tabel (INSERT, DELETE, UPDATE)
Data Control Language (DCL) : Bahasa yang berhubungan dengan pengendalian akses ke database (GRANT, REVOKE)
Data Transaction Language (DTL) : bahasa yang digunakan untuk mengelola transaksi database (COMMIT, ROLLBACK).
Sebetulnya ada satu lagi, mau dijelasin kah..?, ndak usah wis ya, maksa nih....mmmm ada yang namanya (ASS)... pingin tahu... aku sayang sampean....[ wakakakaka ].
singkat kata kita belajar yang aku inget aja, dan yang dibutuhin aja sementara. Oke.
Kita biasa pakai SELECT..khan?
Belajar itu aja dulu...
tak inget te ya....
Struktur Dasar SELECT
SELECT merupakan query yang digunakan untuk memilih, atau mengambil., atau menampilkan data dari satu, atauy banyak baris, atau kolom, dari satu atau banyak tabel.... you know?.
SELECT daftar_kolom FROM nama_tabel WHERE kondisi
aturan penulisan SELECT :
penampilan kolom tidak perlu urut.
Jika kolom semua akan ditampilkan, maka daftar_kolom dapat diganti dengan tanda (*) SELECT * FROM nama_tabel
kondisi suatu ekspresi logikal yang bernilai false atau true.
Pengurutan dapat bersifat Ascending, atau descending. Kalau ndak... nanti prifat aja...(wakakakak)
WHERE
where digunakan untuk menyatakan kondisi yang harus dipenuhi oleh sebuah record data yang akan dipilih oleh perintah SELECT.
Operator yang digunakan untuk WHERE, gandengane WHERE, sama dengan (=), tidak sama dengan (<>), lebih besar (>), lebih kecil (<), lebih besar atau sama dengan (>=), lebih kecil atau sama dengan (<=), tidak lebih dari (!>), tidak kurang dari (!<), tidak sama dengan (!=), mencari bagian yang sama (LIKE), Diantara dua nilai (BETWEEN).
DISTINCT. Digunakan untuk menyaring supaya dua baris atau lebih, yang identik ditampilkan sebagai satu baris. SELECT DISTINCT (nama_kolom) FROM nama_tabel.
BETWEEN. Digunakan untuk mengecek apakah suatu nilai berada diantara dua nilaiyang di berikan, BETWEEN hanya berlaku pada data yang bertipe numerik. SELECT * FROM nama_tabel WHERE kolom_a BETWEEN 12 AND 21.
bersambung....................................................................................

Tidak ada komentar: